jajan-jijin-jojon


tiba – tiba berkeinginan untuk membuat karakter, entah itu berupa animasi, kartun, komik karakter, atau media apapun..

  • jajan : dalam bahasa sunda berarti membeli sesuatu, tapi identiknya sih membeli makanan kecil. nah karena artinya itu, jajan biasanya berkonotasi dengan boros, soalnya orang tua kalau marahin anaknya suka begini “euh kumaha atuh ade mah jajan wae, mamah tos teu gaduh artos”. Jadi karakter ini merepresentasikan orang yang boros, suka jajan di mana aja, kalo udah belanja lupa waktu dan isi dompet. Tak peduli apapun itu, makanan, fashion, ataupun gadget. Orang ini mungkin cocok dengan perawakan tambun, gadget menggantung, gaul, dan berdompet tebal.
  • jijin :   diambil dari kata jin. salah satu makhluk yang ghaib tapi juga diperintah untuk beribadah. Nah uniknya, meskipun kedudukannya sama dengan manusia, justru manusia banyak yang menganggap bahwa jin itu lebih sakti, lebih powerful, pokonya lebih lah dari manusia. makanya tren syirik saat ini banyak digandrungi oleh kebanyakan orang indonesia. baik artis, pejabat, yang ngaku ustadz, calon bupati, yang mau jadi calon anggota dewan, dukun, ah pokonya dari rakyat ampe pejabat, ataupun dari pelosok desa hingga hingar bingar kota. pokonya kalo ada sesuatu yang  ghaib, sinetron-reality show-berita, pasti ratingnnya tinggi. Jadi karakter ini mungkin cocok kalo perawakannya alim, bijak, bahkan mungkin mengaku berlimu agama, jadi suka pake peci lah, bisa perawangan, suka menolong dengan jampi-jampi, mirip mbah dukun lah di saat-saat tertentu.
  • jojon : diambil dari kata dzan (baca: zon). bahasa arab yang artinya prasangka. prasangka ini ada dua, prasangka baik namanya khusnudzan, dan prasangka buruk namanya suudzan. karena dua karakter diatas nampaknya jauh-jauh dari lurus, jadi mungkin karakter terakhir ini juga ngambil dzan yang buruknya aja, suudzan. nah suudzan atau prasangka buruk, nah bisa di representasikan dengan suka curigaan, suka ngomongin orang, seneng ngegosip, nguping sana-sini, dan yang paling penting, gak pernah ketinggalan infotainment haha.. terus terang masih bingung buat nampilin/memvisualkan karakter ini. Ada saran?

ada yang ingin membantu mengembangkan dan memvisualisasikan masing-masing karakter? hehe..