buat catatan dengan OneNote


“wah enak banget ngetik di one note. bisa ngetik di mana aja, nggak kaku. klik sana klik sini tinggal ketik. masukin gambar masukin link tinggal insert aja. yang keren, juga bisa buat tab-tab khusus, macem diary aja”

berawal dari rapat bareng dengan ucup dan gumi di malam minggu, si ucup dengan entengnya bilang hal diatas. Wah jadi penasaran dengan OneNote. dicoba deh dibuka di Microsoft Office OneNote 2007. Langsung tampilan awalnya keluar gambar kayak gini:

wah makin excited aja nih. Langsung aja deh diotak-atik.

Microsoft Office OneNote bisa dikatakan sebagai diary digital. Tampilannya yang menarik sekaligus simple, memang layak dijadikan sebagai diary digital bagi anda yang memang senang untuk bekerja rapi, terencana, dan sering mendokumentasikan sesuatu. Seperti halnya diary atau catatan besar anda, OneNote akan mengelompokan halaman-halaman catatan anda dalam sebuah Notebook yang bisa diberi nama sesuai keinginan. Misal saja, jurnal bisnis, catatan harian, curhatan gue, atau apapun terserah anda. Di dalam Notebook, ada bagian sub nya yang disebut dengan section. Section ini bisa dianggap sebagai Bab lah kalau dalam skripsi, dan bisa ditambahkan jumlahnya sesuai keinginan. Dalam section ini ada Page. Page ini bisa juga anda anggap sebagai sub-bab. Lantas mana halamannya? Jangan khawatir, di tiap Page, anda bisa menambahkan sub-page yang anda bisa anggap sebagai halaman.Urutan tersebut hanya untuk mempermudah saja, anda bisa menganalogikan bagian-bagian tersebut sesuka anda. Intinya OneNote membantu menyederhanakan dan menyusun rencana dan catatan anda, ya tadi layaknya catatan. Atau mungkin peta pikiran.

Hal-hal yang menarik dari One Note, anda bisa mengetik tulisan dimanapun sesuka Anda, Just Click and write. Berbeda dengan Microsoft Word atau Notepad, dengan dua software tersebut anda harus mengetik tulisan pada baris yang sudah ditentukan. Jika ingin fleksibel, anda harus masuk ke tools lain.

Yang tak kalah menarik adalah, OneNote juga bisa terhubung dengan web browser. Anda bisa capture dan copy apapun yang anda browsing untuk dimasukan ke dalam OneNote. Cukup dengan menekan tombol simbol windows + S, maka anda bisa mengcapture apa yang ingin anda pindahkan. Dahsyatnya lagi, OneNote bisa mentranslasikan tulisan pada gambar untuk bisa diakses menjadi tulisan. Mantap Bray!

Nah diary kan biasanya ada rahasia-rahasianya gitu, gimana dong kalo ketauan?

Jangan khawatir OneNote juga menyediakan password pada section-section yang anda inginkan untuk dilindungi. Cukup dengan tools seperti gambar di bawah ini, anda bisa mengamankan tulisan yang ingin anda lindungi.

So, Enjoy your note!