CV. ADIL COASTAL


CV. Adil Coastal  terbentuk di medio Mei 2009. Dibentuk dengan tujuan untuk mengikuti salah satu program LPKM ITB yakni Program Kewirausahaan Mahasiswa ITB 2009 (PKM ITB 2009) kerjasama antara ITB dan DIKTI (Dirjen Perguruan Tinggi Indonesia). Adil diambil dari huruf pertama nama panggilan para pendirinya, Adhi (Teknik Industri 2005), Dina (Biologi 2005), Idho (Teknik Kimia 2005), dan Luthfi (Aeronotika dan Astronotika 2005), yang semuanya berasal dari kampus ITB. Ditengah keberjalanannya dalam menjalankan proses bisnis, Adil (PT. Adil Coastal Sejahtera red) mendapatkan suntikan tenaga baru, yakni Apri Kamayudi (Apri, Teknik Informatika 2005) yang juga berasal dari ITB.

Nama Coastal diambil dari cita-cita para empat pendirinya, yakni membuat suatu bisnis yang memberdayakan sumber daya pesisir pantai. Membuat suatu produk ataupun jasa yang bersumberkan dari sumber daya manusia dan hayati di pesisir. Tujuan awalnya, seperti yang direncanakan dalam pembentukannya adalah Unit usaha kreatif yang akan dibentuk ini merupakan unit usaha yang proses bisnis utamanya adalah mengolah segala hasil laut menjadi bahan makanan penuh gizi yang praktis dan nikmat disantap oleh masyarakat.

Mimpi ini terinspirasi dari World Ocean Conference 2009 di Manado beberapa waktu yang lalu, di mana Indonesia ternyata memiliki banyak potensi terutama hasil laut yang dapat diolah menjadi bahan makanan yang bergizi tinggi. Hal ini juga sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir, di mana dari segi ekonomi layaknya usaha pertanian, usaha perikanan laut di Indonesia masih kurang begitu menggembirakan. Dalam hal ini dilihat dari pemerataan ekonomi bagi masyarakat pesisir yang umumnya nelayan. Kondisi nelayan umumnya di bawah garis hidup sederhana.  Menyejahterakan masyarakat.

Selain itu, seperti talah diketahui bahan olahan laut seperti ikan, cumi-cumi,kepiting,kerang,dsb, mempunyai kandungan protein dan gizi yang sangat tinggi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Asupan protein yang tinggi dipercayai secara klinis dapat meningkatkan pertumbuhan sel tubuh dan kecerdasan, sehingga dengan tersedianya bahan makanan olahan berprotein tinggi diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Cita-cita boleh setinggi langit, tapi tindakan tetap harus membumi. Cita-cita haruslah menembus batas logika, tapi tindakan harus dimulai dari hal yang sederhana. Membentuk suatu bisnis seperti yang diceritakan diatas tentunya memiliki tingkat kompleksitas yang luar biasa. Dengan latar belakang para pendirinya yang masih awam, tentunya melangkah langsung menuju cita-cita besar di atas adalah hal yang sulit. Untuk itu, daripada menunggu bola, sebagai momentum untuk mencapai cita-cita tadi, berlima bersepakat untuk membuat suatu usaha kecil dan menengah yang diharapkan bisa menjadi tonggak tercapainya cita-cita di atas. Ramen Rider, sebuah usaha bertemakan javanese culinary, berlokasi di Jl. Gelap Nyawang ITB. Lebih lanjut, bisa di check di link berikut:

http://www.facebook.com/pages/Bandung-Indonesia/Ramen-Rider/246249971090?v=wall&ref=ts

Jika hidup adalah perjalanan, maka perjalanan panjang adalah hidup yang menyenangkan. Jika perjalanan panjang harus dicapai dengan langkah kecil, maka izinkanlah bahwa Ramen Rider adalah langkah kecil untuk mencapai cita-cita diatas.