Singapura


Saat ini jumlah muslim di Singapura sekitar 15 persen dari jumlah penduduk keseluruhan (sekitar 650 ribu orang dari 3.5 juta jumlah penduduk keseluruhan- sumber: VOA islam). Etnis muslim melayu merupakan etnis terbesar kedua setelah etnis Cina 77 persen, dan ketiga yakni etnis India 8 persen.
Satu hal yang unik di Singapura bagi muslim di Indonesia, adzan yang dikumandangkan tidak boleh keluar dari area masjid, terkecuali di Masjid Sultan, masjid tertua di Singapura.
Saat ini di Singapura terdapat 70 masjid. Selain tempatnya yang sangat bersih dan indah, juga di ruas kanan dan kiri di setiap masjid terdapat ruangan-ruangan kelas untuk belajar agama dan kursus keterampilan. Tidak seperti yang dipahami selama ini, bahwa masjid hanya sebatas tempat ibadah mahdhoh (shalat lima waktu dan shalat Jumat). Tetapi, masid di negeri sekuler ini, benar-benar berfungsi sebagaimana zaman Rasulullah, sebagai pusat kegiatan Islam. Berbagai disiplin ilmu agama diajarkan setiap siang dan sore hari. Kegiatan ceramah rohani usai juga diajarkan usai shalat shubuh atau maghrib.
Tempat-tempat yang akan dikunjungi :

  1. Glam : Masjid Sultan , masjid tertua di Singapura
  2. Chinatown : Jamae Chulia Mosque
  3. Buangkok : Kampong Buangkok (kampong dengan populasi muslim)
  4. Singapore City Center :

Check in :   Harbourfront Seaport (dari Batam)
Check Out :   Woodland Immigration Terminal (menuju Johor Baru)

Sultan Mosque - Singapore
Sultan Mosque – Singapore

http://perjalananquran.wordpress.com