Biaya Perjalanan dan Moda Transportasi – Catatan Perjalanan Pendakian Rinjani (Bonus)


Tak lengkap jika sebuah catatan perjalanan, tak disertai oleh estimasi biaya perjalanan dan moda transportasinya. Waktu boleh luang, tapi biasanya budget yang membatasi hehe. Banyak cara atau tingkatan untuk menuju Rinjani. Ada cara nyaman banget, nyaman, ala kadarnya, atau menderita. Hehe itu sih saya aja yang mengelompokannya. Bebas-bebas aja caranya, tapi memang biasanya kondisi perjalanan nyaman identik dengan mahal dan juga identik dengan cepat. Adapun ala kadarnya atau menderita atau mungkin kelas ekonomi banget, yang mungkin lazim disebut backpacker-an, biasanya identik dengan kurang nyaman (berdesakan – tak dapat tempat duduk – tak bisa tidur), waktu tempuh yang cukup lama, dan tentunya budget murah. Semua ada kurang lebihnya.

Ini adalah biaya perjalanan (transportasi) yang saya beserta tiga orang teman ketika melakukan pendakian ke Rinjani.

  • Bandung – Jakarta Bandara Soekarno Hatta : 75.000 rupiah (Bus Primajasa)
  • Airport Tax  : 50.000 rupiah
  • Tiket Jakarta – Mataram : 570.000 rupiah (Lion Air)
  • Mataram – Sembalun : 300.000 rupiah atau 75.000 rupiah per orang (carter mobil untuk ber-4 termasuk bensin dan sopir)
  • Tiket Masuk RInjani : 2500 rupiah
  • Senaru – Pemenang (pelabuhan Gili Trawangan) : 250.000 rupiah atau 62.500 rupiah per orang (carter mobil untuk ber-4)
  • Pemenang – Gili Trawangan –Pemenang : 30.000 rupiah ( Perahu Boat )
  • Pemenang – Lembar : 160.000 rupiah atau 40.000 rupiah per orang (Taksi)
  • Lembar – Padang Bai : 31.000 rupiah (Kapal Laut)
  • Padang Bai – Denpasar : 30.000 rupiah (Mobil Elf)
  • Denpasar – Surabaya : 100.000 rupiah (Bus)
  • Surabaya – Bandung : 120.000 rupiah (kereta api)

Nyebrang ke Pulau Bali ongkos relatif sama. Adapun ongkos yang bisa kita hemat adalah menggunakan moda transportasi lain, yakni seluruhnya bus atau kereta dari Bandung hingga Banyuwangi. Ini adalah biaya yang saya dapatkan jika menggunakan moda transportasi lain,

  • KA Ekonomi Malabar – Bandung – Malang via Jogja : 90.000 rupiah
  • Bus Ekonomi – Malang – Lembar (termasuk ongkos nyebrang) : 125.000 rupiah

atau

  • KA Ekonomi Bandung – Jogja : 25.000 rupiah
  • KA Ekonomi Jogja – Banyuwangi : 35.000 rupiah
  • Bus Ekonomi Banyuwangi – Denpasar (Ubung) sudah termasuk ferry : 30.000 rupiah

Untuk ongkos penyebrangan sendiri dengan ferry, dari Ketapang (banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali) itu ongkosnya 6000 rupiah, begitupun sebaliknya. Nyebrang dari Padang Bai (Bali) ke Lembar (Lombok) itu ongkosnya 31.000 rupiah, begitupun sebaliknya.

naik kereta api, tut tut tutwisata ikhtiarperjalanan malam dari lembar ke padang bai

Silahkan dipilih alternatif moda transportasi bepergian anda. Pastikan aman dan nyaman tentunya, soalnya lumayan nih, ke Rinjani tuh perjalanan jauh hehe. Selamat jalan-jalan.