M-Dinar


Bismillah,

Dinar seperti diterangkan dalam tulisan sebelumnya, memiliki fungsi sebagai alat transaksi atau alat tukar dan juga sebagai sarana proteksi nilai. Karena memiliki fungsi sebagai proteksi nilai, maka saat ini dinar atau emas sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana investasi. Dari pengalaman saya sendiri, saya pertama kali membeli dinar pada bulan April 2010 pada harga 1,425 jt. Dan saat ini harganya di awal Januari 2011 sudah mencapai 1,760 jt. Prosentasenya mencapai 23%, jauh diatas keuntungan yang anda dapatkan sekalipun dari bentuk deposito. 

Meski demikian, dinar sangat untuk tidak ditimbun. Karena hal ini sangat bertentangan dengan yang diajarkan oleh Islam. Menimbun harta adalah salah satu perilaku yang tidak disukai oleh Allah SWT, bahkan di akhirat nanti akan mendapatkan azab yang pedih. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan, “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,” (QS At-Taubah 34). Jadi cukuplah emas dan perak baik berupa perhiasan, bentuk batangan ataupun dalan dinar dan dirham itu dimiliki secukupnya. Dan yang harus kita ingat, ada zakat yang harus ditunaikan dari simpanan harta kita bila telah mencapai haulnya (satu tahun). Yang sebagaiamana kita ketahui untuk dinar atau emas, yakni bila telah mencapai 85 gram emas atau 20 dinar, maka harus dikeluarkan zakat 2,5% yakni 0,5 dinar.

Lantas bagaimana agar tabungan atau investasi dinar kita ini bermanfaat? Tidak hanya disimpan di rumah dan disimpan bgeitu saja? Ada alternatif lain yang bisa kita gunakan dalam menyimpan atau menabung investasi dinar ini. Yakni, M-Dinar. Apa itu M-Dinar? M-Dinar adalah tabungan layaknya tabungan di bank konvensional yang menggunakan dinar sebagai mata uang yang ditabungnya. Jadi jika kita selama ini mungkin menabung di bank konvensional atau bank syariah dalam bentuk rupiah, maka kali ini kita akan coba menabung dalam bentuk dinar. Apa saja keuntungannya?

  • Tabungan M-Dinar bersifat online. Untuk akses ke m-dinar bisa masuk ke alamat www.mdinar.com. Karena bersifat online, anda nanti akan memiliki account atau lazim yang kita kenal sebagai rekening. Karena online maka aksesnya sangat mudah, bisa lewat handphone yang kita miliki. Untuk mengetahui cara membuat rekening M-Dinar, maka bisa mengikuti langkah yang bisa anda lihat disini. Karena itu M-dinar sangat cocok bagi anda yang sibuk yang tidak mampu meluangkan waktunya untuk bertransaksi menukarkan dinar secara langsung. Ataupun bagi Anda yang di kota nya belum tersedia penukaran dinar atau gerai dinar.
  • Sesuai dengan bank pada umumnya, dinar yang kita tabungkan atau kita simpan juga tidak disimpan begitu saja oleh pengelola. Tapi diberdayakan atau diinvestasikan ke berbagai sektor perekonomian. M-Dinar ini dikelola oleh BMT, sehingga peruntukan investasinya digunakan untuk sektor riil, sehingga secara tidak langsung kita turut serta memajukan dan memberdayakan perekonomian umat.
  • Bisa untuk saling transfer dinar antar pemegang account m-dinar.
  • Fleksibel dan aman dari kehilangan atau pencurian.

Mungkin screenshot dibawah ini bisa memberikan gambaran, karena M-dinar ini diinvestasikan di BMT, maka kita akan mendapatkan bagi hasil dari apa yang kita investasikan. Dan perlu diingat, bahwa usaha-usaha yang dibiayai adalah usaha dalam sektor riil, sehingga kita turut serta memberdayakan umat.

gambar rekening m-dinar

M-dinar dan bentuk fisik koin dinar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menginvestasikan dinar secara fisik (koin dinar) dan dipegang sendiri masih tetap dilayani. Karena mungkin sebagian orang masih merasa lebih aman untuk menyimpan dinarnya sendiri dibandingkan diinvestasikan kembali dalam bentuk m-dinar.

Allahu’alam

 

 

Artikel Terkait :