3N di pagi hari!


Bismillah,

3N? Ya, 3N. Ngising, ngisang dan ngesang😀. Ya semuanya dalam bahasa sunda. 3 rutinitas yang harus dijaga di pagi hari untuk menjaga kesehatan. Maaf kalau bahasanya agak kasar hehe, biar bagus aja singkatannya. Ngising dan ngisang berarti buang air besar dan cebok. Satu paket kegiatan yang tak terpisahkan satu sama lain. Ga banget deh kalo abis ngising ngga ngisang. Apalagi ngisang doang tapi gak ngising, buang-buang waktu aja😀. Satu lagi, ngesang yang berarti berkeringat. Ya keringat berarti berkorelasi dengan bergerak, yang juga pasti berkorelasi dengan olahraga. Jadi 3 rutinitas di pagi hari – 2 sih sebenernya – yakni buang air besar dan berolahraga.

Banyak penelitian kenapa sih kita harus rutin untuk BAB. Mungkin tiap orang punya waktu biologis BAB masing-masing. Tapi sebaik-baik BAB adalah ketika pagi hari. Kenapa? Ketika kita tidur di malam hari, ada proses  pencernaan di dalam tubuh kita terutama di perut. Tubuh mengambil sari makanan yang dibutuhkan, dan menyisakan kotoran baik cairan ataupun minuman untuk dibuang. Makanya jangan heran ketika kita bangun tidur, bisa dipastikan ingin mengeluarkan air kencing. Kebiasaan bangun tidur terlambat, yakni menjelang siang sangat membahayakan bagi tubuh, karena secara tidak langsung kita menahan kotoran yang ada di tubuh yang seharusnya dibuang di pagi hari. BAB mungkin tidak selancar kencing, dimana ketika kita bangun tidur kita langsung BAB. Mungkin BAB perlu beberapa waktu untuk dirangsang agar bisa keluar. Salah satunya adalah dengan meminum air putih ketika bangun untuk merangsang usus besar dan usu halus agar melancarkan BAB. Nah akan menjadi bahaya jika kita menahan kotoran untuk tidak dibuang. Ketika kotoran yang harusnya dibuang, namun tidak kita buang, maka akan terjadi penyerapan kembali yang berarti penyerapan kotoran oleh tubuh, hiiii.

Satu hal lagi yang mesti kita coba biasakan di pagi hari adalah berkeringat atau olahraga. Penelitian menunjukan bahwa dengan berolahraga 30 menit per hari, akan turut serta memberikan efek kesehatan yang dahsyat pada kita seharian. Memberikan efek semangat dan juga tentunya kesehatan. Tidak perlu olahraga berat, mungkin jalan-jalan menikmati jalanan komplek atau lari jogging, atau mungkin sepedahan menyapa tetangga di pagi hari, bisa kita jadikan sebagai olahraga ringan di pagi hari. Dengan olahraga di pagi hari tubuh kita akan bergerak sehingga siap untuk digunakan beraktivitas selama seharian.

Oh iya, ada 1N lagi. Nginum😀 alias minum. Ya minum lah airputih yang banyak tiap hari. Tidak usah sekali minum langsung banyak, tapi lebih baik sedikit demi sedikit dengan repetisi yang sering. Tubuh kita didominasi oleh air. Oleh karena itu asupan air masuk dan keluar harus seimbang. So, have a nice day🙂