Ramadhan 1432 H, Siapkah?


Bismillah,

Telat, jika kita baru mempersiapkan Ramadhan, yang akan datang dalam beberapa jam lagi. Sangat telat. Kita jelas kalah telak dengan stasiun televisi, yang rata-rata mempersiapkan tayangan Ramadhannya 6 bulan sebelumnya. Kalah telak, jika dibandingkan para pengrajin baju muslim, yang men-stok baju baju muslim 2 bulan sebelumnya, yang akan dijualnya saat Ramadhan. Dan sangat memalukan jika sampai saat ini belum sadar, bahwa besok Ramadhan!! Mau jadi apa di Ramadhan?😦

Setiap keberhasilan tentu memiliki parameter atau target yang harus dipenuhi. Berhasil cumlaude, berarti mampu mendapatkan IPK diatas 3,5 dan lulus tepat waktu. Berhasil memecahkan rekor dunia lari sprint 100 meter berarti mampu berlari 100 meter dengan waktu 9,57 detik, mengalahkan Usain Bolt dengan 9,58 detik. Atau keberhasilan-keberhasilan lainnya yang ingin anda capai.

Lantas apa hasil yang seharusnya diraih saat Ramadhan? Sangat jelas, jawabannya adalah meraih derajat taqwa. Lantas apa parameternya? Tentu jawabannya sangat banyak, karena kita bisa meraihnya dengan banyak cara. Bisa kita lebih mudah tergerak untuk berbuat kebaikan, dan sangat membenci keburukan. Bisa juga semakin cinta dan menyempurnakan amalan ibadah wajib kita, dan semakin bersemangat mengejar amalan-amalan sunnah, dan lain-lain.

Satu hal yang memudahkan atau menilai parameter keberhasilan kita di Ramadhan ini adalah terpenuhinya target-target kebaikan selama Ramadhan. Nah, sudahkah kita membuat target-target amalan/aktivitas yang akan dilakukan selama Ramadhan? Tentu targetnya bukan tamat puasa 30 hari, itu mah kudu alias gak usah ditargetin hehe. Nah mungkin targetnya bisa full tarawih di masjid, Full mengkhatamkan Qur’an sebulaneun. Atau amalan sunnah lainnya. Tentu kita sendiri lah yang bisa mengukur kemampuan kita dan kesungguhan kita untuk berlomba-lomba mencari kebaikan selama Ramadhan. Triknya bisa kita pakai prinsip, biarpun sedikit asalkan istiqamah. Karena Allah SWT lebih menyukai amalan yang continue meskipun itu hal yang kecil.

Mumpung masih ada beberapa jam lagi, yuk yang belum buat targetan Ramadhan, kita buka secarik kertas, atau buka spreadsheet xls, dan mulailah menuliskan targetan apa yang ingin kita capai di Ramadhan ini. Alhamdulillah tahun lalu, saya punya oleh-oleh tulisan selama Ramadhan. Hasil mendengar ceramah tarawih atau subuh di masjid. Lumayan jadi catatan harian saya selama Ramadhan. Lengkapnya bisa diunduh disini.

catatan harian ramadhan luthfi nurhakim 1431H

oleh-oleh curhatan Ramadhan setahun yang lalu😀

So, sudah siapkah menyambut Ramadhan?