Mengejar Proyek-Proyek Ramadhan (1)


Bismillah,

Kata siapa Ramadhan adalah bulan yang nggak produktif? Kata siapa Ramadhan juga bulan yang “kering” alias minim pemasukan? hehe.. santai Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan proyek. Setidaknya menurut Ust. Ulis Tofa Lc. ada 8 mega proyek yang bisa kita kejar di Ramadhan. Proyek ini jauh sangat besar nilainya dibandingkan proyek pembangunan asrama Sea Games, lebih besar dibandingkan dana talangan Century, dan proyek ini pastinya, tidak bisa dikorupsi!😀

Proyek Pertama, proyek jutaan kebaikan Ramadhan. Adalah dengan membaca satu juz sampai 3 juz Al-Qur’an setiap hari. Minimal dengan satu juz saja, kita bisa mengkhatamkan Al-Qur’an selama satu bulan selama Ramadhan. Apalagi di bulan Ramadhan, majelis tadarusan biasanya banyak diadakan. Tinggal nimbrung, insya Allah mudah untuk mewujudkan satu juz Al-Qur’an setiap hari.

Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi). Hadis dari Ibnu Mas’ud ini diperkuat dengan hadis serupa dari Abi Sa’id.

Sederhananya, Satu juz Al-Qur’an itu terdiri dari 7000 huruf. Berarti dikalikan 10 kebaikan sudah 70.000 kebaikan. Dikalikan 30 Juz sudah 2.100.000 kebaikan. Apalagi di bulan Ramadhan yang Allah dengan sesukanya melipatgandakan kebaikan sampai sekehendakNya. Dengan izin Allah, insya Allah jutaan kebaikan bisa kita dapatkan dari mega proyek pertama ini. Dan rata-rata, tidak sampai 40 menit kita bisa menghabiskan bacaan Al-Qur’an sebanyak 1 juz. Masih mau melewatkannya?😀

Proyek kedua, Proyek terhindar dari Neraka dan Penyakit Nifaq. Proyek ini akan kita raih jika kita menjaga sholat lima waktu di masjid berjamaah dengan tidak ketinggalan takbiratul ihram pertama imam.

“Barangsiapa yang shalat karena Allah empat puluh hari secara berjama’ah dengan mendapatkan takbiratul ihram pertama imam, maka ia dipastikan akan terhindar dari dua hal: terhindar dari api neraka dan terhindar dari penyakit nifaq atau munafiq.”( H.R Tirmidzi ).

Proyek ketiga, Proyek Umrah dan Haji 30 kali berturut-turut. Wow, gimana nih proyeknya? Cukup dengan kita berada di masjid setelah shalat subuh berjamaah, dengan melakukan dzikir, tilawah Al-Qur’an (kan bisa sekalian sambil ngerjain proyek pertama🙂 ), dilanjut dengan Al-Matsurat, kesemuanya dlakukan sampai matahari terbit, kemudian menunggu sebentar setelah matahari agak meninggi, lalu akhiri dengan shalat dhuha. Insya Allah kebaikannya setara dengan ibadah haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.

Imam At Tirmidzi meriwayatkan dengan hadits Hasan bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang shalat Shubuh berjama’ah kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.”

Proyek Keempat, Do’a tak tertolak!

Rasulullah S.A.W bersabda : “Tiga kelompok yang tidak akan ditolak do’anya: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka. Pemimpin yang adil. Dan do’a orang yang teraniaya. Allah menyibak awan dan membuka pintu-pintu langit seraya berfirman: “Demi kemulian-Ku dan keagungan-Ku, pasti Aku tolong kamu, walau setelah beberapa waktu.” (HR. Ahmad dan At Tirmidzi )

Ya Ramadhan adalah syahru Du’a. Kita pada kondisi berpuasa, do’a kita insya ALlah seperti yang dijanjikan, tidak akan tertolak. Jangan lupa, agar do’a kita semakin kuat kekuatannya, maka penuhi dengan cara dan adab berdo’a yang dicontohkan Rasulullah. Berdo’a lah sekehendak hati, awali dengan memberikan pujian kepada Allah, kemudian meminta ampunannya, merendahkan diri serendah-rendahnya, baru dengan keinginan pribadi. Jangan lupa sematkan do’a-do’a untuk saudara-saudara kita, sahabat-sahabat kita, dan juga kaum muslimin di belahan bumi lain yang tertindas. Insya Allah, berdo’alah, Karena janji Allah, Allah akan selalu mengabulkan do’a-do’a hamba-Nya.

Nah, itu empat proyek awal yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan, dan setelah bulan Ramadhan juga tentunya. Tinggal strategi kita untuk memilih proyek yang akan kita lakukan. Tentu sangat ideal ketika kita mampu meraih semua proyek tersebut, tapi mungkin harus kita cicil hehe.. Sedikit-sedikit dahulu, hingga kita bisa melakukannya secara continue. Karena Allah menyukai pekerjaan yang continue, meskipun itu kecil. Insya Allah 4 proyek berikutnya, di tulisan berikutnya. Selamat menjalankan proyek!