Mengejar Proyek-Proyek Ramadhan (2)


Bismillah,

Yuk lanjut lagi 4 proyek berikutnya, dari 8 proyek besar yang bisa kita lakukan di Ramadhan. 4 Proyek sebelumnya bisa dibaca ditulisan sebelumnya. Kalau ada yang belum sreg atau merasa kurang “puas” dengan 4 proyek sebelumnya, ini ada empat alternatif 4 proyek berikutnya.

Proyek kelima, Proyek 30 rumah di surga. How? Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang hamba muslim yang melaksanakan shalat karena Allah setiap hari berjumlah 12 rakaat sunnah selain yang wajib, kecuali Allah membangunkan baginya rumah di surga.” (HR Muslim)

12 rakaat shalat sunnah bisa kita dapatkan dari sholat qabliyah dan ba’diyah setelah shalat wajib. Ada 2 rakaat sebelum subuh, ditambah 2 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya, dan ditambah 2 rakaat shalat Dhuha. Nah baru 12 Rakaat kan? Nah cukup tuh satu rumah😀 Nah bisa kita tambahkan lagi dengan sholat sunnah 11 rakaat Qiyamul lail, plus Dhuha nambah 2 rakaat, dah cukup nambah satu rumah lagi😀 Mau nambah lagi? TInggal tambahkan sholat Tahiyatul Masjid, atau sholat syukrul Wudhu, bisa lagi nambah satu rumah hehe..

Proyek keenam, Proyek Penghapusan Dosa. Dengan cara menunaikan umrah dan berziarah ke Tanah Suci, Mekah dan Madinah. Rasulullah SAW bersabda,

“Dari umrah satu ke umrah yang lain, menghapus kesalahan antara waktu keduanya, dan haji Mabrur tidak ada balasan setimpal kecuali baginya Surga” HR Ahmad

Dan pahala umrah di bulan Ramadhan memiliki pahala khusus,

“Umrah di bulan Ramadhan sebanding dengan haji.” Dalam riwayat yang lain: “Sebanding haji bersamaku.” HR. Bukhari dan Muslim

Konon katanya (soalnya belom pernah ngalamin hehe), jamaah yang umrah di bulan Ramadhan lebih banyak jumlahnya dibandingkan saat ibadah haji. Artinya Mekkah lebih padat saat Ramadhan terutama 10 hari terakhir, dibandingkan Musim haji. Subhanallah.

Proyek ketujuh, Proyek Rumah Masa Depan. Caranya adalah dengan terjaga di malam hari. Tidak tidur kah? Ini strateginya, dengan cara membagi anggota keluarga untuk bergilir berjaga untuk shalat malam. Misal awal malam, diri kita yang sholat malam, kemudian tengah malam bangunkan ayah kita untuk bangun sholat malam dan kita bergilir tidur, dan terakhir ayah kita membangunkan ibu kita di akhir malam untuk giliran shalat malam. Nah otomatis sepanjang malam keluarga terjaga untuk sholat malam. Allah berfirman:

“Dan sebagian malam, maka shalat tahajuddlah sebagai ibadah nafilah kamu. Mudah-mudahan Allah membangunkan bagimu tempat yang terpuji.” Al Isra’:79

Ya yang berkeluarga bisa dengan keluarganya, kalo yang lagi sendirian di kost-an, bisa giliran bareng temen-temen kostnya hehe😀

Proyek kedelapan, Proyek keutamaan malam sepanjang hayat. Betul! Lailatul Qadr.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan, Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadr 1-5)

1000 bulan berarti lebih dari 80 tahun. Umur rata-rata manusia saat ini nampaknya tidak lebih dari 60-70an. Maka keutamaan lailatul qadr setara dengan seumur hidup! Ya Ramadhan adalah bulan yang didalamnya terdapat satu malam istimewa. Malam diturunkannya Al-Qur’an. Malam ini terdapat di 10 malam hari terakhir Ramadhan. Malam keberapa? Wallahu ‘alam. Yang jelas Rasulullah SAW memberikan contoh dengan beritikaf,  berdiam (memperbanyak ibadah) diri di mesjid di 10 malam hari terakhir tersebut. Jadi kalau rata-rata kita sekarang ibadahnya meluruh negatif, artinya awal ramadhan semangat terus menurun ke akhir Ramadhan, justru seharusnya meluruh positif. Artinya awal Ramadhan semangat, maka menuju akhir Ramadhan jadi lebih semangat dalam beribadah.

Demikian kedelapan proyek yang bisa kita pilih dan raih selama Ramadhan. Syukur-syukur kita bisa meraup semua proyek tersebut. Berlomba-lomba meraih sebanyak-banyaknya kebaikan. Tapi jika belum mampu, maka pilihlah salah satu, dan istiqamahlah menjalankan proyek tersebut. Karena Allah menyukai ibadah yang kecil asalkan berkesinambungan (continue).

Semoga bermanfaat. Wallahu ‘alam.🙂