Idul Fithri 1 Syawal, kenapa namanya “Lebaran” ?


Bismillah,

Alhamdulillah, salah satu hari raya Islam telah kita laksanakan dan rayakan di hari ini. Terlepas jatuhnya di hari selasa  30 Agustus atau Rabu 31 Agustus, yang jelas semua umat Islam sepakat bahwa Idul Fithri pasti jatuh di 1 Syawal ( lol😀 ). Ya hingga saat ini, fenomena perbadaan penentuan jatuhnya 1 Syawal di Indonesia masih belum bisa terselesaikan. Mudah-mudahan tidak menyebabkan perpecahan umat, apalagi sampai men-salahkan satu sama lain. Kalau buat saya sih gampangnya, asal dibalik tiap keputusan itu ada dasarnya atau ada ilmunya, ya tidak menjadi masalah. Ambil yang yakin, tinggalkan yang meragukan. Yang jelas tiap amal haruslah buah dari ilmu.

Tulisan kali ini tak akan mengupas tentang perbedaan dan cara penetapan 1 syawal. Tentang hal itu, ada tautan menarik di www.moonsighting.com yang menunjukan pergerakan-pergerakan bulan yang bisa membantu penentuan hilal dari bulan. Yang dibahas, kenapa kok Idul Fithri 1 Syawal di Indonesia dinamakan Lebaran? Bagaimana asal mulanya? Dan apa maknanya? Akan saya coba bahas, tapinya versi saya ya hehe..

Lebaran. Diambil dari kosakata bahasa sunda, Lebar. Yang berarti sayang untuk ditinggalkan. Jadi berlebaran itu momentum untuk tidak meninggalkan sesuatu yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Maksudnya? Ya Lebar kalo selama Ramadhan kita bsa membaca Al-Quran tiap hari, maka sayang jika amalan tersebut ditinggalkan selepas Ramadhan. Kalo selama Ramadhan kita tidak bolong shalat tarawih atau shalat malam, maka lebar juga jika setelah Ramadhan kita tidak lagi melaksanakan sholat malam. Kalo selama Ramadhan kita bisa puasa full 29/30 hari tanpa bolong, maka lebar kalo selepas Ramadhan kita enggan untuk melakukan puasa-puasa sunnah.

Nyambung kan?😀 Ya intinya, Ramadhan adalah bulan mulia dimana didalamnya kita dibiasakan melakukan amalan-amalan sunnah, maka seyogiayanya selepas Ramadhan, Lebar jika semuanya itu kemudian kita tinggalkan, seolah Ramdhan tak ada bekasnya kecuali turun atau naiknya berat badan :p

Selamat ber-Lebar-an!