Ditching Test


mumpung masih hangat tentang kejadian Lion Air kemaren (13 April 2013), ada temen yang ngemention saya nanya, kurang lebih pertanyaannya : Fi, emang pesawat bisa ngapung di air ya?

ya kurang lebih begini penjelasannya, Dalam proses desain pesawat terbang,sebelum benar-benar dikatakan laik terbang, ada serangkaian proses pengujian. Salah satu pengujiannya dikenal dengan nama “Ditching Test”. Test ini menguji sejauh mana kemampuan/kekuatan struktur pesawat untuk mendarat darurat di air dan berapa lama pesawat mampu bertahan/mengambang di air.

Kemampuan struktur pesawat berkorelasi secara langsung dengan hancur nggaknya struktur pesawat pas menabrak air, kalau hancur dan patah kira-kira patahnya dimana. misalkan Kalau patahnya di ekor kan gak masalah, gak ada penumpang disitu. tapi tentu hal ini juga dilihat dari cara atau sikap pesawat ketika menabrak air, kalau nabrak airnya frontal tentu beda hasilnya dengan pesawat nabrak airnya secara smooth kayak mau landing.

sedangkan untuk kemampuan pesawat mengambang di air, ini lebih hubungannya pada waktu yang dibutuhkan untuk evakuasi penumpang dan kru pesawat. waktu yang dibutuhkan bagi seluruh penumpang dan kru di kabin untuk keluar dan menyelamatkan diri secepat mungkin dari pesawat. biasanya ordenya memang cuma beberapa menit. tapi tentu angka beberapa menit ini juga muncul berdasar pengujian. pengujiannya gimana? ya itu beda lagi pengujiannya hehe

link video di bawah ini adalah pengujian “ditching test” dari pesawat B-47. sebenernya pengen nyari videonya ditching n-250, tapi gak nemu.

Intinya, pesawat itu dibuat sedemikian rupa dengan factor safety yang sangat ketat. Tingkat keamanan dan keselamatannya jauh lebih tinggi dengan moda transportasi lainnya, meskipun ketika terjadi kegagalan maka akibatnya bisa sangat fatal. Artinya semua aturan ketika kita menaiki pesawat – apakah itu himbauan pramugari, mematikan handphone, perhatikan emergency door, dll – merupakan aturan yang diciptakan untuk menciptakan keselamatan.

The sky is wide, but no room for error.
jadi, Jangan takut naik pesawat!🙂

CMIIW